Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara

Di tempat kerja yang lama kami diminta menyampaikan goals masing-masing selama bekerja nantinya. Ini kami lakukan di depan jajaran direksi dan rekan-rekan yang lain. Kebayakan dari mereka memiliki goals yang berfokus pada financial freedom dan berujung pada membahagiakan orang tuanya, keluarganya, atau dirinya sendiri.

Satu per satu dari kami menyampaikan goals kami dan dilanjutkan dengan senyuman para pimpinan yang hadir. Betapa bahagianya mereka, saat goals yang disampaikan anak buahnya menjadikan semangat untuk menggenjot laba perusahaan. Tiba saat saya menyampaikan goals saya yaitu: “Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara”, seketika senyuman para pimpinan berubah, mungkin karena goals saya yang berbeda dengan yang lain.

Memang terdengar sok nasionalis. Salah satu tujuan kita bekerja adalah uang yang nanti kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita masing-masing. Tapi menurut saya bekerja bukan saja untuk mendapatkan uang yang banyak. Harus lebih baik dari itu, dan menurut saya bekerja untuk bermanfaat bagi bangsa dan negara adalah salah satu goals dalam hidup saya di mana pun saya ber(karya). Karena kebahagiaan keluarga sudah pasti merupakan hal yang tak perlu disebutkan (keutamaannya).

Tahun ini begitu spesial karena peluang saya untuk dapat berkontribusi kepada bangsa dan negara jauh lebih besar dari pada tempat bekerja sebelumnya. Sekali lagi saya merasakan tanda kebesaran-Nya. Alhamdulillah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *